KUMPULAN BERITA / KEGIATAN STAKLIM SEMARANG

Temanggung, 11 Maret 2019  – Stasiun Klimatologi Semarang menyelenggarakan Pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahap 3, Pembukaan Sekolah Lapang iklim (SLI) Tahap 3 dilaksanakan di area persawahan Desa Tegalsari, Kec. Kedu, Kabupaten Temanggung. Kegiatan ini mengusung tema yaitu “Dengan SLI kita tingkatkan kemampuan petani dalam mengantisipasi iklim ekstrim untuk mendukung ketahanan pangan” khususnya tanaman Padi.

Acara dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI, Deputi Klimatologi BMKG yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi Kualitas Udara, Kepala BBMKG Wilayah II yang diwakili oleh Kepala Bidang Observasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Bupati Kabupaten Temanggung Muhammad Al Khadziq, Kadis Pertanian dan Pangan, Dandim Temanggung, Kapolres Temanggung, Camat Kedu, Kepala desa Tegalsari serta para Kepala UPT di Lingkungan BMKG Jawa Tengah. Pada kegiatan kali ini Bupati Kabupaten Temanggung berkesempatan membuka acara SLI.

Dalam sambutannya, Al Khadziq menyatakan siap untuk Kabupaten Temanggung melaksanakan SLI 3. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi petani agar dapat belajar memahami serta mempraktekkan pola tanam yang berhubungan dengan iklim. Harapannya para petani yang telah mengikuti SLI 3 dapat memperoleh hasil panen yang lebih baik dibandingkan dengan petani lainnya. Para peserta pun diharapkan dapat menularkan ilmunya kepada rekan-rekan petani lainnya.

Adapun peserta SLI Tahap 3 sejumlah 25 orang yang terdiri dari 20 orang petani di Kecamatan Kedu, 3 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan 2 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil Kedu.

Dalam acara pembukaan ini dilakukan juga penanaman benih padi secara simbolis oleh para pejabat undangan