KUMPULAN BERITA / KEGIATAN STAKLIM SEMARANG

Purworejo, 18 Februari 2019 – Stasiun Klimatologi Semarang menyelenggarakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) – Sosialisasi Agroklimat di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini mengusung tema yaitu “Meningkatkan Kemampuan Petani dalam Mengantisipasi Iklim Ekstrim untuk mendukung  Ketahanan Pangan” khususnya tanaman Padi dan Horti, yang dimana Purworejo juga terkenal sebagai penghasil buah durian dan manggis.  

Acara dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI, Ir. Sudjadi, Kepala BBMKG Wilayah II, Joko Siswanto, S.Sos, Bupati Kabupaten Purworejo yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Purworejo, Muspida Kabupaten Purworejo, serta para Kepala UPT di Lingkungan BMKG Jawa Tengah. Pada kegiatan kali ini Kepala BBMKG Wilayah II, Joko Siswanto, S.Sos, berkesempatan membuka acara SLI – Sosialisasi Agroklimat.

Dalam sambutannya, Joko menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan SLI ini petani dapat optimal dalam bercocok tanam dengan penambahan ilmu dan wawasan tentang cuaca dan iklim, hal ini dilakukan BMKG dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Peserta juga diharapkan dapat mengakses informasi-informasi di BMKG melalui Smartphone. Joko juga menghimbau agar peserta dapat memperhatikan fenomena bencana alam seperti hujan lebat, banjir, longsor maupun puting beliung sehingga dapat mereduksi bahkan mencegah dampak dari bencana yang dapat menelan harta benda bahkan korban jiwa.

Adapun peserta SLI-Sosialisasi Agroklimat sejumlah 50 orang yang terdiri dari 36 orang petani, 10 Penyuluh Pertanian Lapangan dan 2 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan 1 orang Pengamat Pos Hujan Kerjasama dan 1 orang Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan.