KUMPULAN BERITA / KEGIATAN STAKLIM SEMARANG

Semarang, 09 Oktober 2019  – Stasiun Klimatologi Semarang menyelenggarakan Pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahap 2 dan Workshop Pengelolaan Sistem Infomasi Hidrologi, Hidrometeorologi dan Hidrogeologi (SIH3), yang dilaksanakan di Hotel Dafam, Semarang.

Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. Jateng yang diwakili oleh Kepala bidang Penyuluhan Pasca Panen dan Bina Usaha, Kepala Dinas Pusadataru Prov. Jateng yang diwakili oleh Kepala Seksi Hidrologi dan Sistem Informasi, Dinas BAPPEDA, Dinas LHK Prov. Jateng, Dinas Kominfo Prov. Jateng, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro, serta para Kepala UPT di Lingkungan BMKG Jawa Tengah. Pada kegiatan kali ini Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara, Hary Tirto Djatmiko, ST berkesempatan membuka acara SLI Tahap 2 dan Workshop Pengelolaan SIH3.

Dalam sambutannya, Hary menyatakan harapannya agar peserta SLI Tahap 2 dan SIH3 dapat memahami masalah iklim dan dampaknya, mendorong untuk terus belajar demi kemajuan NKRI, meningkatkan pemahaman dan kolaborasi sinergitas dan sinkronisasi informasi baik yang ada di BMKG, SDA PU maupun ESDM, serta dengan kegiatan SLI tahap 2 dan SIH3 diharapkan dapat membangun bangsa sesuai Tugas dan Fungsinya masing-masing.

Kegiatan SLI Tahap 2 mengusung tema yaitu “Meningkatkan Kemampuan Petugas Penyuluh Lapang dalam Mengantisipasi Iklim Ekstrim”. Kegiatan dilaksanakan tanggal 8-11 Oktober 2019. Adapun peserta SLI Tahap 2 sejumlah 25 orang yang terdiri dari 22 orang Penyuluh Pertanian Lapangan dari 13 Kab/Kota di Jawa Tengah, 1 orang Staff Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Pemali Jratun, 1 orang Staff Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dan 1 orang Staff Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Kegiatan Workshop Pengelolaan SIH3 dilaksanakan sebagai sinkronisasi informasi hidrologi, hidrometrologi, dan hidrogeologi dalam implementasi Peraturan Gubernur Nomor 68 Tahun 2017. Adapun peserta SIH3 sejumlah 25 orang dari BAPPEDA, Dinas PU SDA TARU, Dinas ESDM, BBWS, dan Dinas Kominfo Prov. Jateng.